JAKARTA –Tak hanya Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan koleganya yang ikut-ikutan tren selfie dengan berfoto ria menggunakan ponsel.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun tak ketinggalan. Sebuah foto selfie SBY dan Perdana Menteri Malaysia Dato Sri Mohd Najib Tun Abdul Razak ramai diperbincangkan di Twitter, Kamis (19/12/2013) malam.

Tidak jelas siapa yang mengambil foto tersebut, apakah SBY atau Najib. Hanya, foto tersebut berasal dari kicauan PM Malaysia di akun Twitter @NajibRazak yang dipastikan sebagai akun resminya karena telah diverifikasi Twitter.

Di linimasa Twitter, tercatat foto tersebut diunggah pada Kamis malam pukul 20.26 WIB.

“With Presiden @SBYudhoyono today,” tulis Najib di tweet-nya, sebagai keterangan foto tersebut.

Tampak di foto, kedua pemimpin negara tersenyum saat mengambil foto diri sendiri di sebuah kendaraan terbuka yang biasa dipakai untuk berkeliling lingkungan Istana. Di latar belakang terlihat wajah Ibu Negara Ani Yudhoyono yang semringah.

Hari ini, Presiden SBY memang menerima kunjungan PM Malaysia itu di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis pukul 10.00 WIB. Ini merupakan pertemuan tahunan ke-10 antar-pemimpin kedua negara sahabat.

Keduanya membahas kerja sama bidang ekonomi dan investasi, hukum dan kekonsuleran, isu perlindungan warga negara Indonesia, isu perbatasan, kerja sama pertahanan, serta hubungan antarmasyarakat.

Sebelumnya, foto selfie para pemimpin negara terekam saat upacara penghormatan untuk mendiang jenazah mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela, di Afrika Selatan, Selasa (10/12/2013).

Rangkaian foto natural yang diambil fotografer AFP itu memperlihatkan PM Denmark Helle Thorning-Schmidt mengambil foto selfie diapit Presiden AS Barack Obama dan PM Inggris David Cameron.

Foto selfie juga sempat dilakukan tokoh Katolik, Paus Fransiskus, bersama sejumlah remaja di Vatikan pada Agustus 2013.

Kebetulan atau tidak, selfie bahkan baru saja dimasukkan sebagai kata baru dalam Kamus Bahasa Inggris Oxford tahun ini. Kalau sudah begini, pantaslah kalau selfie disebut sebagai “word of 2013”. Semua orang demam selfie!