Mark Zuckerberg

SAN FRANCISCO –Mark Zuckerberg menjadi pengusaha paling dermawan di tahun 2013. The Chronicle of Philanthropy mencatat, Chief Executive Officer (CEO) Facebook ini dan istrinya, Priscilla Chan mendonasikan duit mereka senilai 992 miliar dolar AS sepanjang tahun lalu.

Uang tersebut mengalir ke Silicon Valley Community Foundation. Zuckerberg yang berusia 29 tahun menjadi donatur termuda di jajaran miliarder dunia.

Donatur terbesar kedua dunia adalah George Mitchell, almarhum yang terkenal dengan praktik kontroversial mengenai patahan hidrolik, fracking. Dia meninggal di usia 94, Juli tahun lalu, seperti dilansir dari tribunnews.com, Rabu (12/2/2014).

Dana sebesar 750 juta dolar AS mengalir ke yayasan miliknya, Cynthia and George Mitchell Foundation. Yayasan ini menyediakan pinjaman untuk penyediaan energi bersih, gas alam, serta proyek lingkungan lainnya. Menurut Chronicle, yayasan tersebut bertujuan mengurangi dampak kerusakan alam yang diakibatkan teknologi yang ditemuka Mitchell.

Top donatur lainnya adalah Phil Knight, salah satu pendiri Nike. Dia menyumbang 500 juta dolar AS ke Oregon Health & Science University Foundation. Dana tersebut akan digunakan untuk mengembangkan deteksi dini penyakit kanker.

Total, 50 pengusaha dermawan menyumbang US$ 7,7 miliar di tahun lalu, 4 persen lebih banyak dibanding tahun 2012. Rata-rata donatur menyumbang 86,1 juta dolar AS, dari tahun 2012 sebesar 49,6 juta dolar AS per orang.

Filantropis seperti Bill dan Melinda Gates atau Warren Buffett tidak termasuk dalam daftar ini. Chronicle kini tidak memasukkan daftar orang yang telah menandatangani Giving Pledge, yaitu komitmen akan menyumbangkan mayoritas kekayaannya untuk kegiatan amal.