* Hasil Investigasi Mythbusters

KORANFESBUKER – Pembawa acara Mythbusters, Imahara mengatakan pengalaman investigasinya ke pabrik pembuat kentang goreng McDonald, dari awal sampai kentang goreng itu dipasarkan ke seluruh outlet McDonald yang ada di dunia.

Dalam investigasi yang ia lakukan, kepada Daily ia mengatakan ada 14 bahan dalam kentang goreng tersebut yang digunakan agar kentang tersebut terlihat nikmat dan gurih. Termasuk juga bahan kimia berbasis bensi dan silikon yang ditemukan di Silly Putty atau mesin pembuat kentang goreng.

Selama penyelidikan, ia menemukan bahwa dimetil -bentuk silikon yang ditemukan di Silly Putty – digunakan dalam pembuatan kentang goreng McDonald bersama dengan bahan kimia yang disebut Butylhydroquinone tersier (TBHQ) berbasis bensin.

Dia juga menemukan bahwa kentang goreng tersebut digoreng dua kali, sekali di pabrik dan sekali lagi di restoran McDonald. Ia mengaku, THBQ itu digunakan sebagai pengawet kentang goreng. 
“Bahan kimia berbasis bensin itu digunakan agar kentang tahan lama dan bentuknya bagus atau tidak loyo,” ujarnya, seperti dilansir Tribun-medan, Kamis (22/1/2015). (*)