Sam Andrews

KORANFESBUKER –
 Sam Andrews, gitaris sekaligus pendiri grup musik rock 60an, Big Brother and the Holding Company, tutup usia. Sam Andrews meninggal dunia di usianya yang ke-73 tahun, Sabtu (14/2/2015) lalu. Big Brother and the Holding Company sendiri yang menyampaikan kabar duka itu melalui laman Facebook resmi mereka.

“Setelah 10 minggu setelah serangan jantung dan operasinya, Sam kalah dalam perlawanan yang sangat gagah untuk menjalani kehidupan. Dia meninggal dunia dengan damai di pelukan Elise (Elise Piliwale, istri Sam Andrews) pada pukul 5.15 pm,” tulis band tersebut seperti dilansir Detik, Senin (16/2/2015).

“Banyak yang bisa dikenang tentang Sam. Nanti pasti akan ada waktu dimana kami semua berkumpul untuk mengenangnya. Tapi sekarang, adalah waktu bagi Elise untuk menguatkan diri,” lanjut mereka.

“Sam menjalani hidupnya dalam musik dan kesenian dan pernikahan yang penuh cinta. Tentu tidak akan bisa lebih baik lagi,” pungkas band yang terkenal lewat hits ‘Piece of My Heart’ itu.

Bersama Peter Albin di tahun 1965, Sam Andrews membentuk sebuah band rock bernama Big Brother and the Holding Company. Janis Joplin pun sempat bergabung bersama mereka sebagai vokalis hingga tahun 70an sebelum akhirnya keluar bersama Sam Andrews untuk membentuk grup musik lain.

Di tahun 1987, Sam kembali kepada Big Brother and the Holding Company sampai akhir hayatnya. Enam album studio dikumpulkan Sam bersama Big Brother and the Holding Company dari tahun 1967 sampai 1999.

Bye, Bye Baby, Sam. (*)