KORAN FESBUKER – Facebook mulai menguji aplikasi barunya, Hello, Rabu (22/4/2015). Aplikasi ini merupakan layanan panggilan suara untuk perangkat Android, yang memungkinkan pengguna Facebook untuk saling terhubung. Jadi walaupun tidak mempunyai nomor telepon bisa saling melakukan panggilan suara jika sudah menjadi teman di Facebook.
Andrea Vaccari, Product Manager Facebook mengatakan bahwa yang membuat ini adalah tim pengembang aplikasi instant messenger. Dan diharapkan bisa membuat aplikasi instan messenger memiliki kemampuan untuk panggilan suara yang terbaik karena banyak saingan aplikasi yang memiliki kemampuan yang sama.
Pada aplikasi ini, Hello akan menyediakan data lengkap dari masing-masing kontak. Seperti nama lengkap, nomor telepon, kota tempat tinggal, pekerjaan, dan semua biodata yang tertera di Facebook masing-masing kontak, seperti dilansir Inovasipintar, Kamis (23/4/2015).
Untuk menjadi pembeda dengan aplikasi panggilan suara yang lain, Hello ini menawarkan kemampuan untuk bisa mencari informasi tentang restoran bagi para pecinta kuliner atau orang-orang yang kebingungan untuk menemukan tempat makan. Selain itu bisa juga untuk melakukan reservasi restoran.
Jangan takut jika anda memiliki banyak teman di Facebook yang tidak anda terlalu kenal. Karena Hello memiliki fitur blokir untuk menghadang panggilan masuk yang tidak anda inginkan. Panggilan yang terhadang ini akan masuk ke voicemail dan bisa kita dengarkan setelahnya.
Aplikasi Whatsaap yang juga merupakan milik Facebook pada bulan lalu baru saja fitur baru yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan suara via internet untuk perangkat Android. Dan baru-baru ini fitur yang sama juga diluncurkan untuk pengguna iOs.
Fitur seperti ini merupakan musuh besar bagi para operator seluler karena akan memangkas pendapatan mereka dari panggilan telepon. Sebelumnya panghasilan mereka dari pesan teks atau SMS juga berkurang karena banyaknya aplikasi-aplikasi chating untuk smartphone.
Sepertinya aplikasi ini akan mengundang banyak pengguna. Dilihat dari bagaimana banyaknya jumlah pengguna Facebook di dunia. Sampai bulan Maret ini, tercatat sudah sebanyak 1,3 Miliar orang yang sudah tergabung dengan Facebook. (*)