KORAN FESBUKER – Windows 10 sudah resmi diluncurkan, dan ada beberapa cara untuk bisa menggunakan sistem operasi tersebut.
Untuk para pengguna Windows 8.1 atau Windows 7, sejak kemarin 29 Juli 2015 mungkin sudah mendapatkan notifikasi untuk melakukan upgrade sistem operasi. Ini adalah langkah paling mudah untuk memakai sistem operasi itu.
Selain itu Microsoft juga menyediakan cara lain. Pengguna bisa mengunduh file instalasi Windows 10 agar bisa dipakai kemudian hari. File tersebut sudah disediakan dalam bentuk ISO, seperti dilansir CNNIndonesia, Kamis (30/7/2015). 
Untuk mendapatkan file tersebut pengguna hanya perlu merujuk ke situs Microsoft pada tautan berikut ini. Di situ tertulis bahwa pengguna setidaknya harus menyiapkan 10 kepingan DVD atau flashdisk untuk menggunakan file tersebut.
File yang diunduh kemudian akan diekstrak menggunakan aplikasi khusus ke media seperti DVD atau flashdisk. Setelah proses ini selesai baru pengguna bisa memakainya untuk melakukan upgrade.
Windows 10 diklaim Microsoft membawa sejumlah fitur baru yang menarik, beberapa yang diandalkan antara lain aplikasi perintah suara Cortana yang sebelumnya hadir di ponsel Windows Phone. 
Fitur Windows Hello yang bisa membuka akses akun sebuah komputer dengan cara biometri atau melakukan pengukuran pada proses biologis. Ia dapat memindai wajah pengguna, iris, atau sidik jari untuk memverifikasi identitas. 
Consumer Channel Microsoft Indonesia, Budi Janto mengatakan, bagi pengguna yang mau membeli langsung Windows 10, maka sistem operasi ini bisa dibeli di sekitar harga US$ 119 untuk versi Home, US$ 199 untuk edisi Pro, sementara bagi pengguna yang mau upgrade dari versi Home ke Pro butuh biaya tambahan US$ 99. (*)