Bono
FESBUKER – Vokalis grup musik U2, Bono tercatat sebagai penyanyi terkaya di dunia berkat keputusan bijaknya yang membeli 2,3 persen saham Facebook dari bursa efek pada tahun 2009. Setelah enam tahun berjalan, nilai saham itu melonjak tajam, kini mencapai  £ 1 milyar atau setara dengan Rp 21,7 triliun. 
Bono membeli saham facebook melalui perusahaan investasi yang didirikannya, Elevation Partners. Dengan keuntungan dari saham itu, bisa dikatakan harta Bono yang diperoleh dari keuntungan saham Facebook selama enam tahun belakangan ini, lebih tinggi dari keuntungan yang ia raih selama berkarir sebagai penyanyi sejak remaja, seperti dilansir Aktualpost, Senin (31/8/2015).
Sekarang Bono menjadi artis penyanyi terkaya di dunia, melewati kekayaan legenda Beatles Sir Paul McCartney. Paul diperkirakan memiliki harta k£ 730 juta (sekitar Rp 15 triliun). Sementara tempat ketiga milik Madonna yang memiliki kekayaan sekitar £ 520 juta (atau sekitar  Rp 11,2 triliun).
Facebook menjadi media sosial paling terkenal, karena ada sekitar 1 miliar pengguna media sosial itu setiap hari. Facebook pertama kali melepaskan sahamnya lewat bursa Nasdaq pada tahun 2009. Pemilik Facebook Mark Zuckerberg hadir langsung pada seremoni pelepasan saham itu.  Bono tercatat sebagai salah satu pembeli saham terbanyak.
Selain mendirikan perusahaan investasi, Bono bersama istrinya   Ali Hewson juga mendirikan perusahaan fashion. Namun usaha itu beberapa kali mengalami kerugian. Sahamnya di facebook merupakan bisnis Bono yang paling menguntungkan. (*)