Internet.org
FESBUKER – Belum lama ini Facebook tingkatkan keamanan Internet.org dan kini memungkinkan situs lain turut berpartisipasi dalam program internet gratis tersebut. Jejaring sosial FB mengumumkan bahwa mereka akan memungkinkan enkripsi HTTPS untuk situs web Internet.org. Namun, enkripsi situs tersebut hanya akan berlaku sampai server milik Facebook saja.
Lalu bagaimana cara kerja enkripsi yang digalr oleh Facebook ini? FB melakukan kompresi berdasarkan algoritma miliknya dan kemdian melakukan enkripsi situs dengan sertifikat sendiri kemudian mengirimkannya pada pengguna. Ini berarti Facebook menjadi “middle man” antara situs dan pengguna. Tentunya privasi akan menjadi masalah dalam hal ini.
“Kami menjaga privasi informasi bahwa sementara itu didekripsi oleh hanya menyimpan nama domain dari layanan yang Anda kunjungi dan jumlah data yang digunakan-informasi yang sama yang akan terlihat menggunakan end-to-end enkripsi-serta cookie yang disimpan dalam format terenkripsi dan tidak terbaca,” keterangan resmi Facebook.
Sejauh ini, jejaring sosial Facebook yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini tidak memiliki track record terbaik dalam hal menepati janji privasi. Hal ini terlihat dari tombol Like pada 2010. Peneliti Belanda menemukan bahwa FB menggunakan tombol tersebut untuk melacak semua orang. FB kemudian menanggapi masalah tersebut dan menyebutnya sebagai bug atau kesalahan program.
Terlepas dari masalah privasi, FB telah berkontribusi dalam menyediakan akses internet gratis melalui layanan Internet.org. Tentu saja hal ini bermanfaat bagi pengguna di wilayah yang akses internetnya mahal. FB juga terus mengembangkan layanan Internet.org agar sesuai dengan kebutuhan penggunanya, seperti dilansir dari Toms Hardware dan Sidomi, Selasa (29/9/2015). (*)