CALIFORNIA –Beberapa pekan lalu telah diberitakan, bahwa aplikasi pihak ketiga dari Instagram telah menyadap username dan password penggunanya. Hal ini akhirnya menyebabkan aplikasi tersebut ditarik dari iTunes App Store.

Dilansir dari Ubergizmo, Jumat (19/11/2015), pihak perusahaan telah mengumumkan bahwa mereka akan memperketat kontrol terhadap akses untuk pihak ketiga. 

“Hari ini kami mengumumkan beberapa perubahan platform untuk meningkatkan kontrol atas konten yang ada, hal ini guna membangun lingkungan pada platform untuk lebih baik, ” kata pihak perusahaan, seperti dilansir Sindonews.

Selain itu, pihak Instagram juga akan mematikan API yang memberikan akses ke feed Instagram. Perusahaan juga akan melakukan proses review pada aplikasi yang ingin menggunakan API dan akan dimulai pada 3 Desember mendatang. Aplikasi dan pengembang akan diberi waktu sampai 1 Juni 2016 untuk memenuhi persyaratan yang ada.

“Ini merupakan sebuah ide yang baik, sebab tanpa kita sadari banyak aplikasi pihak ketiga yang mungkin memiliki niat jahat,” ucap pihak Instagram. Misalnya, seperti InstaAgent dipasarkan sebagai sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna mengetahui siapa saja yang melihat profil Instagram Anda. (*)