Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A.IPM., (Foto: Istimewa)

BANDAR LAMPUNG –Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A.IPM jadi rektor Universitas Lampung (Unila) wanita pertama usai terpilih sebagai Rektor Unila periode 2023-2027. 

Hal ini diketahui melalui perhitungan suara dalam pemilihan rektor (Pilrek) Unila, di Gedung Rektorat, Rabu (28/12/2022).

Prof Lusmeilia unggul setelah meraih 44 suara dari total 71 suara atau sekitar 62 persen dari dua pesaing lainnya yaitu Prof. Ir. Suharso, Ph.D., IPM dan Prof. Dr. dr. Asep Sukohar, S.Ked., M.Kes.

Dalam Rapat Senat Tertutup bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi tersebut dihadiri 46 anggota senat.

“Prof Lusi mendapat 44 suara, Prof Suharso mendapat 21 suara, dan Prof Asep 6 suara. Jadi total suara ada 71 suara,” kata Ketua Senat Unila, La Zakaria dalam konferensi pers, dilansir IDNTimes.

Diketahui dalam pemilihan rektor Unila ini suara anggota senat memegang sebanyak 65 persen suara sedangkan pihak kementerian 35 persen suara.

Sebelumnya, Lusmeilia menjabat sebagai Ketua LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Unila sejak 2020. 

Ia merupakan dosen di Fakultas Teknik Unila dan meraih gelar doktornya di program studi Teknik Sipil, Universite de Nantes, Prancis. (*)