Foto: Istimewa

VIETNAM – Thailand menahan imbang Vietnam 2-2 pada leg pertama final Piala AFF 2022 di Stadion My Dinh, Jumat (13/1/2023).

Pada babak pertama Vietnam unggul 1-0 lebih dahulu pada menit ke-24 lewat sundulan Nguyen Tien Linh, yang memanfaatkan umpan silang Que Ngoc Hai dari sisi kanan.

Gol itu tercipta dengan apik. Pasalnya Tien Linh bergerak dari belakang dalam menyambut bola dari Ngoc Hai. 

Dalam timing yang tepat, Tien Linh melompat seperti terbang. Bola yang kencang tidak bisa digagalkan kiper Kampon Phatomakkakul.

Duel ini juga diwarnai keributan pada menit ke-40 antara pemain Vietnam dan Thailand. 

Kapten Thailand Theerathon nyaris mencekik Ngoc Hai dan dibalas dengan melayangkan pukulan tangan kanan ke arah Bunmathan.

Tertinggal 0-1 pada babak pertama membuat Thailand bangkit di babak kedua. Gol balasan Gajah Perang tercipta pada menit ke-48 lewat gol kelas dunia yang dibuat Poramet Arjvirai dan skor pun menjadi 1-1.

Poramet Arjvirai mencetak gol usai menerima umpan terobosan lambung Theerathon Bunmathan. Poramet mengontrol bola dengan baik, lalu mengecoh Que Ngoc Hai hingga terjatuh.

Usai mengecoh Ngoc Hai, Poramet juga memperdaya Do Duy Manh. Merasa dalam posisi ideal, Poramet melepaskan tembakan keras kaki kanan yang membobol gawang Dang Van Lam.

Gol Poramet itu membuat gawang Vietnam yang sejak awal turnamen Piala AFF 2022 clean sheet bobol untuk kali pertama.

Usai kebobolan Vietnam hampir kembali unggul. Beruntung Thailand memiliki kiper Kampon Phatomakkakul. 

Kampon melompat pada waktu yang tepat guna menepis tendangan Doan Van Hau yang membentur pemain Thailand.

Sarach Yooyen lantas membawa Thailand berbalik unggul 2-1 atas Vietnam. Gol Sarach Yooyen terjadi memanfaatkan umpan terobosan ciamik dari Theerathon Bunmathan. 

Saat head to head dengan Dang Van Lam, Yooyen menempatkan bola dengan baik di gawang tuan rumah.

Kejutan terjadi pada pengujung babak kedua. Vu Van Thanh membuat Vietnam terhindar dari kekalahan pada menit ke-88, sekaligus membuyarkan kemenangan Thailand yang berada di depan mata.

Gol Van Thanh itu tercipta lewat kemelut di kotak penalti Thailand yang bermula dari sepak pojok. Bola coba dikeluarkan Vietnam dari kotak penalti lawan.

Nguyen Thanh Binh kemudian memberikan bola kepada Van Thanh yang berdiri bebas. Tanpa pikir panjang Van Thanh melepaskan tembakan keras kaki kanan dari luar kotak penalti. Bola meluncur deras ke pojok kanan bawah gawang Kampon.

Ekanit Panya membuang peluang emas Thailand untuk menang 3-2. Pada menit ke-90+5 Ekanit berhadapan dengan kiper Van Lam, tetapi tembakannya bisa diblok. 

Tanpa tambahan gol, Vietnam vs Thailand bermain imbang 2-2 pada leg pertama final Piala AFF 2022.

Susunan Pemain:

Vietnam XI: Dang Van Lam; Do Duy Manh, Bui Tien Dung, Que Ngoc Hai; Doan Van Hau, Ho Tan Tai, Nguyen Quang Hai, Nguyen Hoang Duc, Do Hung Dung; Nguyen Tien Linh, Pham Tuan Hai

Thailand XI: Kampon Phatomakkakul; Suphanan Bureerat, Pansa Hemviboon, Kritsada Kaman, Sasalak Haiprakhon;Thailand memainkan Theerathon Bunmathan, Sarach Yooyen, Peeradol Chamrasamee, Weerathep Pomphun; Adisak Kraisorn, Poramet Arjvirai

(*)