Alfin Alfarizqi bertemu Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto (Foto: Kolase/Istimewa)

BOGOR – Siswa SMPN 7 Kota Bogor, Alfin Alfarizqi (14) viral karena membantu membuka jalur untuk mobil pemadam kebakaran yang terjebak macet di kawasan Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan pada Kamis (19/1/2023) sore.

Video aksi heroik Alfin tersebut beredar. Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto memberikan hadiah sepeda kepadanya.

“Hadiah karena sudah memberikan inspirasi orang banyak, memudahkan petugas. Anak-anak muda memang harus begitu. berani dalam kebaikan, membantu orang. Berjasa sekali. Terima kasih Alfin,” kata Bima Arya saat mengunjungi rumah Alfin di Kampung Muara Kidul, Pasir Jaya, Bogor Barat, Senin (23/1/2023).

Tak hanya sepeda, Alfin juga mendapatkan bantuan buku dan barang-barang lain untuk keperluannya.

Bima Arya mengatakan bahwa Alfin adalah contoh yang mengamalkan dengan baik Dasa Darma Pramuka, kasih sayang sesama manusia, rela menolong, dan berani.

“Semoga sehat selalu, terkabul cita-citanya (menjadi TNI), nanti kita ngobrol-ngobrol lagi ya,” kata Bima kepada Alfin, dilansir Suara.com.

Sebelumnya, Alfin viral di media sosial karena aksi heroiknya turun ke jalan membantu petugas pemadam kebakaran yang berupaya membuka jalur saat melintas di kawasan Empang, Kota Bogor.

Alfin merupakan anggota Pramuka Kwarcab Kota Bogor. Keluarganya sangat sederhana. 

Alfin mengaku kepada Bima Arya bahwa ia berangkat dan pulang sekolah dengan berjalan kaki sekitar 3 km untuk menghemat uang jajannya.

Pada saat itu, Alfin bercerita bahwa ia pulang sekolah menunggu angkutan umum. Tiba-tiba, terdengar suara sirine pemadam kebakaran yang tidak bisa bergerak lantaran terjebak kemacetan lalu lintas.

“Saya inisiatif ke tengah membukakan jalan. Sebelumnya juga pernah saya bantu hal yang sama tetapi untuk ambulance,” ujar Alfin.

Alfin tidak tahu jika aksinya saat itu viral karena ia tidak memiliki media sosial. Ia tahu dari temannya.

“Tahunya dari teman di WA karena saya nggak punya instagram. Di grup WA sekolah banyak yang kirim juga padahal saya nggak sadar direkam video sama petugasnya. Tiba-tiba muncul di mana-mana,” kata Alfin.

Bahkan, kata dia, neneknya sempat kaget karena khawatir Alfin viral lantaran terjerumus ke hal-hal negatif seperti tawuran.

“Nenek awalnya kaget, takut kalau saya tawuran. Setelah dijelaskan kakak, baru tenang,” ujarnya. (*)