Undangan pernikahan online dengan link aplikasi kini bisa menjadi modus penipuan untuk menguras tabungan korban. (Tangkapan layar)

JAKARTA – Masyarakat wajib berhati-hati saat mendapat link dari WhatsApp (WA) yang tak dikenal. Pasalnya, bisa jadi itu modus pembobolan rekening.

Baru-baru ini viral kasus link undangan pernikahan online yang dibagikan melalui WhatsApp, namun ternyata itu adalah modus pembobolan rekening perbankan.

Diketahui, jika link undangan tersebut ditekan atau dibuka, maka pelaku bisa langsung mengakses mobile banking (m-banking) milik nasabah.

Cerita ini sendiri sudah beredar di pesan berantai WhatsApp. Di mana seorang nasabah telah menjadi korban penipuan usai menekan link tersebut yang dikirim orang tidak dikenal. 

Akibatnya tabungan miliknya menghilang.

Kalau ada yang mengirim undangan ke nomor Whatsapp yang tidak dikenal suruh klik link jangan diklik ya, saya korban uang di tabungan lumayan,” kata informasi yang beredar di Whatsapp, Jumat (27/1/2023).

Dalam pesan yang dibagikan itu, terlihat bahwa pelaku mengirim undangan pernikahan online yang tampak seperti undangan pada umumnya. 

Di bawah pesan undangan, pelaku mencantumkan link yang ternyata mengarahkan penerima pesan untuk mengunggah sebuah aplikasi.

Jika aplikasi diunduh, maka pelaku bisa mencuri data pribadi dan berbagai informasi yang akan masuk melalui SMS. 

Hal ini juga termasuk data perbankan seperti One Time Password (OTP) dan data lainnya dapat diambil oleh pelaku yang menipu. (*)