Gubernur Lampung Arinal Djunaidi (Foto: Istimewa)

BANDAR LAMPUNG – Bangunan fisik Gelanggang Olah Raga (GOR) Saburai di Enggal, Bandar Lampung mulai dirobohkan dan akan dialihfungsikan menjadi Masjid Raya Provinsi Lampung.

Terlihat sejumlah pekerja sedang melakukan pembongkaran pada bagian atap GOR Saburai, Jumat (27/1/2023).

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi telah merencanakan pusat olahraga atau Sport Center akan dipindah dari GOR Saburai ke dekat kampus Institut Teknologi Sumatera (Itera) dan Exit Tol Kota Baru di Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan (Lamsel), 

Gubernur melalui Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto telah mengumumkan penetapan lokasi pembangunan Pusat Kegiatan Olah Raga (PKOR) atau Sport Center itu beserta fasilitasnya di Provinsi Lampung.

Hal itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Lampung Nomor: G/730/B.06/HK/2022 tanggal 30 November 2022 tentang Penetapan Lokasi Pembangunan PKOR beserta fasilitasnya di Provinsi Lampung.

Sport Center yang akan dibangun tersebut dengan total luas lahan sekira 170 hektare.

Fahrizal menjelaskan, dalam proses pembangunan Sport Center saat ini, Pemprov Lampung akan menyelesaikan terlebih dahulu terkait persoalan lahan.

“Kita mau selesaikan dulu masalah lahan, semoga tidak lama lagi selesai. Setelah itu Menteri PUPR sudah komitmen untuk memulai (pembangunan). Ini juga sedang kita coba jemput supaya sudah ada kemajuan, mungkin sebagian sudah bisa dicicil tahun ini,” kata dia.

Terkait anggaran untuk membangun Sport Center tersebut, Pemprov Lampung mengharapkan sebagian besar berasal dari pemerintah pusat.

“Kita harapkan (anggaran) pembangunan paling besar dari pusat, tapi kita anggarkan juga di APBD untuk pendukungnya,” jelas Fahrizal, dilansir Kumparan.

Diketahui, dalam surat keputusan penetapan lokasi pembangunan Sport Center juga tertulis keterangan perkiraan jangka waktu pembangunan membutuhkan waktu sekitar lima tahun atau dari 2023 hingga 2028. (*)